15 Desember 2009

Kontradiksi Dalam Alkitab

1 Petrus 3:15
"Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat"
Josh McDowell
"Alkitab dapat dipercaya dan memiliki kejujuran secara historis"
Sejak lama saya amat tertarik dengan Alkitab walaupun memeluk Kristen tapi sebagai manusia yang memiliki sifat alami yang kritis, saya pun bertanya apakah Alkitab satu-satunya wahyu Allah atau ada buku lain diluar itu yang dapat dianggap sebagai wahyu Allah ?? Apakah proses pewahyuan ke begitu banyak orang dari ribuan tahun lalu tidak ada proses kesalahan didalamnya ?? Apakah Kitab suci bisa salah dalam penulisan ??
Pertanyaan yang melibatkan prosedur Ilmiah didalamnya. Kali ini saya mencoba menampilkan salah satu kontradiksi yang ada sekaligus dengan jawabannya.

1. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud 1.700 orang (II Samuel 8: 4) atau 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4) ?

Ini sangat mengejutkan saya tapi mari kita lihat New International Version (NIV)

2 Samuel 8:4,
"David captured a thousand of his chariots, seven thousand charioteers and twenty thousand foot soldiers. He hamstrung all but a hundred of the chariot horses."

1 Chronicles 18:4, "David captured a thousand of his chariots, seven thousand charioteers and twenty thousand foot soldiers. He hamstrung all but a hundred of the chariot horses."

Kok sama ?? sedangkan Alkitab versi kita berbeda ?? jawabannya adalah LAI menggunakan Terjemahan Masoret dan NIV menggabungkan Masoret dan Septuaginta sehingga NIV memunculkan footnotes sebagai berikut :

Septuagint (see also Dead Sea Scrolls and 1 Chronicles 18:4); Masoretic Text captured seventeen hundred of his charioteers.

Kesimpulannya adalah memang ada kesalahan penyalinan naskah dalam bahasa Ibrani ( karena umur naskah yang sudah tua ) tapi syukurlah bahwa Alkitab yang kita punya mempunyai begitu banyak salinan dan saling melengkapi satu sama lain (anehnya lagi salinan-salinan Alkitab tersebut ditulis oleh orang yang berbeda dan tidak mengenal satu sama lain)

0 comments: